Mengobati Burung Hantu Yang Lumpuh


memang diperlukan penanganan yang cepat dan tepat. Terlebih, kelumpuhan pada burung hantu terjadi karena berbagai sebab. Ada beberapa penyebab burung hantu lumpuh atau burung hantu tidak bisa berdiri. Artikel berikut akan mengupas kenapa burung hantu tidak bisa berdiri atau lumpuh.Bagi anda yang ingin tahu mengenai cara memelihara burung barn owl, anda bisa membaca artikel cara merawat barn owl. Namun seperti yang saya tulis di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memelihara burung hantu, barn owl cenderung lebih sulit dipelihara. Burung hantu yang cocok dipelihara oleh pemula adalah burung hantu celepuk.


Images Taken From
change.org

Ada beberapa penyebab kenapa burung hantu jadi lumpuh. Dan berikut adalah sebab-sebab burung hantu lumpuh.

§  Penyakit tetelo.
Penyakit tetelo atau newcastle disease adalah penyakit yang umum (dan mematikan) pada unggas dan burung. Salahsatu tanda dan ciri tetelo pada burung bisa, yaitu kelumpuhan dan kesulitan dalam bernafas. Burung hantu yang terkena tetelo juga mengalami perubahan dari warna fesesnya. Feses atau tahi burung hantu yang kena tetelo berwarna hijau atau kehijauan.

§  Bakteri.
Bakteri dan kuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan burung hantu juga dapat menyebabkan burung hantu tidak dapat berdiri (lumpuh). Bakteri biasanya masuk ke dalam tubuh burung hantu melalui makanan.

§  Beberapa sebab lain.
Dari kedua penyebab burung hantu lumpuh tadi, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa cara mengobati burung hantu lumpuh adalah sebagai berikut.

§  Lihat warna fesesnya.
Jika warna feses burung hantu yang lumpuh berwarna hijau, maka kemungkinan yang mungkin terjadi adalah kena tetelo. Sebaiknya bawa burung hantu yang suspect tetelo tersebut ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin. Jika warna feses burung hantu yang sakit itu berwarna kuning cerah dan berbau menyengat, kemungkinan yang terjadi adalah burung tersebut mengalami infeksi atau masuknya bakteri ke dalam sistem pencernaanya.

§  Jika penyebab lumpuh pada burung hantu adalah karena bakteri, berikan antibiotik kepada burung hantu tersebut.
Ada beberapa jenis antibiotik yang bisa diberikan, dengan dosis yang berbeda pula untuk setiap jenis bakterinya. Saya sendiri menyarankan agar membawa burung hantu tersebut ke dokter hewan agar bisa ditangani lebih jauh. 
Jika memang tidak memungkinkan untuk membawa burung hantu yang lumpuh tersebut ke dokter hewan, anda bisa memberikan amoxicillin. 1 tablet amoxicillin 500mg dipotong menjadi 2 bagian sama besar, satu bagian ditumbuk hingga halus dan dicairkan dengan 200cc air mineral. Berikan larutan amoxicillin tersebut ke burung hantu yang sakit sebanyak 2x sehari.

















3 Responses to "Mengobati Burung Hantu Yang Lumpuh"