Mengobati Burung Hantu Mogok Makan

Mengobati Burung Hantu Mogok Makan

Penyakit berikut juga bisa menyebabkan burung hantu mogok makan, atau bahkan bisa menyebabkan burung hantu mati. Cara mengobati burung hantu mogok makan diharapkan bisa diketahui dengan cara mengetahui penyakit penyebab burung hantu mogok makan berikut ini. Artikel ini terkait tentang cara memelihara cara memelihara burung hantu dengan benar.
 
Images Taken From
scroll.in


Berikut adalah beberapa penyakit yang menyebabkan burung hantu mogok makan atau burung hantu kehilangan nafsu makan:




  • Penyakit Aspergillosis atau asper.

Penyakit pertama pada burung yang bisa menyebabkan burung hantu tidak mau makan adalah penyakit Aspergillosis . Penyakit ini disebabkan oleh jamur bernama aspergillus yang hidup pada sistem pernafasan burung hantu. Jamur penyebab penyakit aspergillosis bernama aspergillos ini bersifat patogen, artinya dapat menyebabkan penyakit karena jamur aspergillus sendiri menghasilkan beberapa racun yang bisa membuat burung hantu sakit. Ciri penyakit asper pada burung hantu biasanya diketahui dari burung hantu tidak mau makan, susah bernafas, nafas yang kelihatan cepat, diare, mata sering terpejam, dan perubahan pada suara (agak lebih serak). Penyakit asper pada burung hantu juga menyebabkan burung hantu tidak bisa berdiri atau lumpuh. Penyakit aspergillosis sebaiknya dihindari, bukan diobati. Karena meski burung hantu bisa sembuh dari penyakit aspergillos, namun kecil kemungkinan untuk sembuh secara total. Umumnya, aspergillosis atau penyakit asper menyebabkan kematian. Cara mencegah penyakit aspergillosis tentu dengan menjaga kebersihan kandang dan pakan, menjaga daya tahan tubuh burung hantu, dan memberikan treatment lain seperti pemberian multivitamin dan semacamnya. Anda juga diharapkan memiliki dokter hewan 'langganan' yang bisa dihubungi jika ada ciri dan tanda penyakit asper pada burung hantu anda.

  • Impaksi atau penyumbatan sistem pencernaan.

Sebenarnya, impaksi bukanlah penyakit. Impaksi bisa diartikan penumpukan makanan akibat sistem pencernaan yang tersumbat akibat salah makan atau pemberian makanan yang terlalu banyak. Secara prinsip sebenarnya burung hantu bisa memuntahkan kembali makanan yang 'nyangkut' di tenggorokan atau temboloknya, namun kadang burung hantu sendiri kesulitan dalam melakukan memuntahkan sesuatu yang mengganggu sistem pencernaannya. Pemberian minum kepada burung hantu yang mengalami impaksi kadang membantu burung untuk melancarkan kembali sistem pencernaannya. Impaksi bisa menyebabkan burung hantu mogok makan karena kesakitan yang ia derita. Juga, burung hantu yang mengalami impaksi kerap murung, matanya terpejam (merem), serta memiliki feses yang berwarna putih susu.

  • Penyakit asam tembolok (sour crop, biasa disebut juga crop stasis).

Agak mirip dengan impaksi, penyakit sour crop disebabkan oleh penumpukan makanan. Bedanya sour crop dengan impaction adalah bahwa penyakit impaction pada burung hantu bisa terjadi di seluruh bagian sistem pencernaan burung hantu. Beda halnya dengan penyakit sour crop. Selengkapnya mengenai penyakit crop stasis bisa anda baca di artikel cara mengobati burung hantu yang kena sour crop.

  • Penyakit akibat virus West Nile.

Singkat saja, penyakit karena virus West Nile menyebabkan oleh gigitan nyamuk pada burung hantu. Hanya saja, karena burung hantu sendiri aktif pada malam hari, sedikit sekali burung hantu yang terkena penyakit ini. Umumnya, burung hantu yang terjangkit virus West Nile adalah burung hantu yang ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara buruk. Penyakit akibat virus west nile menyebabkan burung hantu lemah, lesu, kejang dan tremor, burung hantu kehilangan berat badan, mata burung hantu sering tertutup (baik satu mata saja ataupun keduanya), perubahan pada suara burung hantu atau burung hantu hilang suara samasekali, burung hantu sering memiringkan kepalanya, burung hantu susah untuk fokus, dan burung hantu kehilangan keseimbangan. Penyakit karena virus West Nile juga biasanya menyebabkan kerusakan pada bulu, terutama pada burung yang sedang mabung (moulting). Untuk mengobati penyakit karena virus west nile diperlukan penanganan dari dokter hewan.















3 Responses to "Mengobati Burung Hantu Mogok Makan"

  1. oh gitu ya bang ternyata , tak praktekin sama burung aku .

    BalasHapus
  2. Burung hantu sya cmn minum air dan tidak mau mkan
    Mata.a merem terus dan murung
    Biasa.a dia aktis klok malem skrng kyak gt
    Tolong saran.a dan cara mengobatin.a

    BalasHapus
  3. Burung hantu saya banyak nyamuk

    BalasHapus